Situs Resmi SD Negeri Srengseng 03

Format Penilaian Kinerja Guru dalam Perencanaan Pembelajaran

Posted on: Juli 15, 2010

Format Penilaian Kinerja Guru dalam Perencanaan Pembelajaran

(Skala Nilai 1 – 4)

Nama Guru        : ……………………………………………………..

Mata Pelajaran   : ……………………………………………………..

Pokok Materi     : ……………………………………………………..

Kelas/Semester  : ……………………………………………………..

No Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nilai *)
1 Tujuan Pembelajaran

  1. Standar Kompetensi
  1. b. Indikator
  1. Ranah Tujuan (komprehenship)
  1. Sesuai dengan Kurikulum
2 Bahan Belajar/Materi Pelajaran

  1. Bahan belajar mengacu/sesuai dengan tujuan
  1. b. Bahan belajar disusun secara sistematis
  1. Menggunakan bahan belajar sesuai dengan kurikulum
  1. Memberi Pengayaan
3 Strategi/Metode Pembelajaran

  1. Pemilihan metode disesuaikan dengan tujuan
  1. b. Pemilihan metode disesuaikan dengan materi
  1. c. Penentuan langkah-langkah proses pembelajaran berdasarkan metode yang digunakan
  1. Penataan alokasi waktu proses pembelajaran sesuai dengan pro-porsi.
  1. Penetapan metode berdasarkan pertimbangan kemampuan siswa.
  1. Memberi pengayaan
4 Media Pembelajaran

  1. Media disesuaikan dengan tujuan pembelajaran
  1. Media disesuaikan dengan materi pembelajaran
  1. Media disesuaikan dengan kondisi kelas
  1. Media disesuaikan dengan jenis evaluasi
  1. Media disesuaikan dengan kemampuan guru
  1. Media disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan siswa
5 Evaluasi

  1. Evaluasi mengacu pada tujuan
  1. b. Mencantumkan bentuk evaluasi
  1. Mencantumkan jenis evaluasi
  1. Disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia
  1. Evaluasi disesuaikan dengan kaidah evaluasi
Total Nilai
Nilai RPP (R)

*) Skala Nilai 0 – 4

Slawi., ………………………….

Penilai/ Pengawas TK/SD

…………………………….

NIP. ………………………………

Kriterai Penilaian:

Nilai 4        jika semua deskriptor tampak

Nilai 3        jika hanya 3 deskriptor yang tampak

Nilai 2        jika hanya 2 deskriptor yang tampak

Nilai 1        jika hanya 1 deskriptor yang tampak

Nilai 0        jika tidak ada deskriptor yang tampak

Format Penilaian Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran

(Skala 0 – 4)

Nama Guru        : …………………………………………………

Mata Pelajaran   : …………………………………………………

Pokok Materi     : …………………………………………………

Kelas/Semester  : …………………………………………………

Waktu                : …………………………………………………

No. Penampilan Guru Skors *)
1. Kemampuan Membuka Pelajaran

  1. Menarik Perhatian siswa
  1. b. Memberikan motivasi awal
  1. Memberikan apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan)
  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan
  1. Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan
2. Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran

  1. Kejelasan artikulasi suara
  1. b. Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa
  1. Antusisme dalam penampilan
  1. Mobilitas posisi mengajar
3. Penguasaan Bahan Belajar (Materi Pelajaran)

  1. Bahan belajar disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang direnca-nakan dalam RPP
  1. b. Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar (materi)
  1. Kejelasan dalam memberikan contoh
  1. Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar
5. Kegiatan Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran)

  1. Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan
  1. b. Penyajian bahan belajaran sesuai dengan tujuan/indikator yang telah ditetapkan
  1. Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa.
  1. Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan
6. Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran:

  1. Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media
  1. b. Ketepatan/kesusian penggunaan media dengan materi yang disampai-kan
  1. Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
  1. Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran
7. Evaluasi Pembelajaran

  1. Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
  1. b. Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian
  1. Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP
8. Kemampuan Menutup Kegiatan Pembelajaran:

  1. Meninjau kembali materi yang telah diberikan
  1. b. Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan.
  1. Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran
9. Tindak Lanjut/Follow up

  1. Memberikan tugas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok
  1. b. Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari berikunya.
  1. Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar
Jumlah Skors Aspek

Nilai Penampilan (T)

…………………., …………………….

Nilai Akhir : å2R + 3T =                                                                Penilai/ Pengawas TK/SD

5

.                                                                                …………………………….

NIP. ………………………………

*) Skala nilai 0 – 4

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: