Situs Resmi SD Negeri Srengseng 03

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU

Posted on: Juli 15, 2010

IPKG 1

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (Kemampuan Merencanakan Pembelajaran)

1.

NAMA GURU

:  ………………………………

2. NIP :  ………………………………
3. UNIT KERJA :  ………………………………
4. KELAS :  ………………………………
5. MATA PELAJARAN :  ………………………………
6. WAKTU :  ………………………………
7. TANGGAL :  ………………………………

PEMERINTAH  KABUPATEN  TEGAL

DINAS  PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

2010

NO. KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN SKOR

I

Perumusan tujuan pembelajaran

1. Kejelasan rumusan 1  2  3  4
2. Kelengkapan cakupan rumusan 1  2  3  4
3. Kesesuaian dengan kompetensi dasar 1  2  3  4

II

Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar

1. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
3. Keruntutan dan sistematika materi 1  2  3  4
4. Kesesuaian materi dengan alokasi waktu 1  2  3  4

III

Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran

1. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi

pembelajaran

1  2  3  4
3. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4

IV

Metode pembelajaran

1. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan

pembelajaran

1  2  3  4
2. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran 1  2  3  4
3. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
4. Kesesuaian alokasi waktu dengan tahapan pembelajaran 1  2  3  4

V

Penilaian hasil belajar

1. Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kejelasan prosedur penilaian 1  2  3  4
3. Kelengkapan instrumen (soal, kunci jawaban/pedoman

pensekoran)

1  2  3  4

SKOR Total IPKG 1

Komentar Pengamat:

Pengamat:
Nama : ……………………………………………………………………….
Jabatan : ……………………………………………………………………….
Alamat Kantor : ……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
Alamat Rumah : ……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….

……………………, ………………

Pengamat,

……………………………………..

PENJELASAN IPKG I

I. PERUMUSAN INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR

Indikator I.1 Kejelasan rumusan
Penjelasan Rumusan indikator tidak menimbulkan penafsiran ganda

Indikator

I.2

Kelengkapan cakupan rumusan indikator

Penjelasan Rumusan indikator minimal mengandung komponen peserta
didik dan perilaku. Perilaku mencakup kata kerja operasional
dan substansi materi

Indikator

I.3

Kejelasan penjenjangan indikator

Penjelasan Indikator diurutkan dari  kompetensi sederhana ke kompleks

Indikator

I.4

Kesesuaian dengan kompetensi dasar

Penjelasan Indikator dijabarkan dari kompetensi dasar

II. PEMILIHAN PENGORGANISASIAN MATERI AJAR

Indikator II.1 Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
Penjelasan Materi dipilih berdasarkan tujuan pembelajaran  atau
kompetensi yang akan dicapai

Indikator

II.2

Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik

Penjelasan                        Tingkat keluasan dan kedalaman materi disesuaikan dengan

karakteristik peserta didik (termasuk yang  cepat dan lambat, motivasi tinggi dan rendah)

Indikator II.3                  Keruntutan dan sistematika materi

Penjelasan                        Penataan materi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, misalnya hierarkhis, prosedural, spiral

Indikator II.4                  Kesesuaian materi dengan alokasi waktu

Penjelasan                        Keluasan dan kedalaman materi mungkin dicapai dalam waktu yang disediakan

III. PEMILIHAN SUMBER BELAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber belajar dapat berupa orang, perpustakaan,  lingkungan; sedangkan media merupakan bagian sumber belajar yang dirancang secara khusus

Indikator III.1                Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran

Penjelasan                        Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai

untuk mencapai tujuan/kompetensi yang ingin dicapai, misal buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual untuk kompetensi keterampilan

Indikator III.2                Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran

Penjelasan                        Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat

memudahkan pemahaman peserta didik, misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung (matematika), lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya

gerhana

Indikator III.3                Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

Penjelasan                        Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih  sesuai

dengan tingkat  perkembangan kognitif, karakteristik afektif, dan keterampilan motorik  peserta didik

IV. METODE PEMBELAJARAN

Indikator IV.1                Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran

Penjelasan                        Stretegi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan dipakai

untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

/kompetensi harus dikuasai peserta didik

Indikator IV.2                Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran

Penjelasan                        Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat

memudahkan pemahaman peserta didik

Indikator IV.3                Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

Penjelasan                        Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih  sesuai dengan

tingkat  perkembangan kognitif, karakteristik afektif, dan keterampilan motorik  peserta didik

Indikator IV.4                Kesesuaian alokasi waktu dengan tahapan pembelajaran

Penjelasan                        Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional (lebih kurang pembukaan: 5-10%, inti: 70-80%, penutup: 10-15%)

V. PENILAIAN

Indikator V.1                  Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran

Penjelasan                        Misal: tes tulis untuk mengukur penguasaan pengetahuan, tes kinerja untuk mengukur penampilan, dan skala sikap untuk mengukur sikap

Indikator V.2                  Kejelasan prosedur penilaian

Penjelasan                        Tampak jelas dideskripsikan prosedur penilaian awal, proses, dan akhir, mencakup metode (tes dan nontes)

Indikator V.3                  Kelengkapan instrumen (soal, rubrik, kunci jawaban)

Penjelasan                        Tampak jelas kelengkapan instrumen yang digunakan,

misalnya terdapat soal yang dilengkapi kunci jawaban, teknik penskoran, dan atau rubrik

KOMENTAR PENGAMAT

Berikan komentar tentang:

(a)   hal-hal yang belum terwadahi dalam indikator-indikator instrumen ini, dan

(b)   kesan umum tentang kualitas pembelajaran yang diamati (kelebihan dan kekurangan).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: